Jika Saja Aku memaknainya Sebagai Tantangan - SEMANGAT
Headlines News :
Home » , , » Jika Saja Aku memaknainya Sebagai Tantangan

Jika Saja Aku memaknainya Sebagai Tantangan

Written By Unknown on Tuesday, April 13, 2010 | 1:32 PM

Dear , apa kabar Sahabat? Pastinya dengan membaca ini, sahabat adalah manusia istimewa yang terus memompa semangat untuk mengejar impian dan cita-cita. Semoga hari demi hari, anda makin mendekat kepada keduanya.

Berikut ini adalah sebuah cerita metafora yang inspiratif, yang bisa anda jadikan sebagai penyemangat hari-harimu. Semoga bermanfaat.

Masyarakat Jepang, dikenal sangat menyukai ikan. Ikan segar tepatnya. Ikan adalah menu makanan mereka sehari-hari. Dengan fenomena ini, maka para pelautnya terus membuat kapal penangkap ikan yang makin besar dan makin besar lagi, sehingga mereka bisa berlayar makin jauh dan makin jauh lagi untuk menangkap ikan.

Semakin jauh para nelayan itu pergi, semakin lama pula perjalanan kembali untuk membawa ikan pulang ke kampung halaman. Jika perjalanan itu melebihi batas waktu yang normal, maka ikan-ikan yang mereka bawa pulang, akan sampai ke konsumen dalam keadaan sudah tidak segar lagi.

Dengan pengalaman yang mungkin ribuan tahun, masyarakat Jepang sangat peka dan pandai dalam membedakan mana ikan yang masih segar dan mana ikan yang sudah layu. Dan sebagaimana kita pada umumnya, mereka juga tidak menyukai ikan yang sudah tidak segar lagi.

Menghadapi masalah ini, para nelayan dan perusahaan perikanan memasang freezer (mesin pembeku) di kapal-kapal mereka. Dengan kemajuan ini, mereka bisa berlayar dan menangkap ikan di tempat-tempat yang lebih jauh lagi, dan bisa membawa pulang ikan dalam keadaan tetap segar.

Namun ternyata, masyarakat Jepang memang benar-benar piawai dalam soal cita rasa ikan. Tetap saja, mereka bisa membedakan mana ikan yang dibekukan dan mana ikan yang benar-benar masih segar.

Apa yang dilakukan oleh nelayan dan perusahaan perikanan, menyikapi fenomena yang berdampak pada turunnya harga ikan mereka ini?

Mereka kemudian memasang tangki-tangki penampung ikan di kapal-kapal mereka. Mereka menangkap ikan dari tempat yang jauh, menyimpannya di dalam tangki, dan kemudian membawanya pulang ke kampung halaman dalam keadaan tetap hidup.

Solusi menggembirakan ini ternyata tidak bertahan lama. Orang kampung halaman ternyata masih bisa merasakan bahwa ikan-ikan yang mereka bawa pulang tetap berbeda dan kurang segar dibandingkan dengan ikan-ikan yang baru saja ditangkap. Bagaimana ini bisa terjadi?

Ikan-ikan yang mereka tangkap dan cemplungkan ke dalam tangki penampung, ternyata menjadi lebih banyak diam tak berapa lama setelah berada di dalam tangki. Dan ikan-ikan ini, bisa berhari-hari pasif tanpa gerakan lincah sebagaimana yang biasa mereka kerjakan di laut lepas. Ikan-ikan itu memang tetap hidup sampai di kampung halaman, tapi entah mengapa masyarakat konsumen tetap bisa membedakannya dari ikan yang benar-benar segar. Diam dan lebih pasif ini, ternyata membuat ikan-ikan itu kehilangan kesegarannya.

Lantas, bagaimana lagi para nelayan dan perusahaan perikanan menyikapi persoalan ini? Berbagai solusi profesional dan hi-tech yang ditawarkan, ternyata berbiaya tinggi alias mahal. Dan ternyata, solusi terbaiknya muncul dari fenomena alam sendiri.

Para nelayan dan perusahaan perikanan menceburkan seekor ikan hiu pemangsa ke dalam setiap tangki hasil tangkapan mereka. Beberapa ikan akan benar-benar menjadi mangsa sang hiu. Tapi ada lebih banyak ikan yang berhasil bertahan hidup, dengan struggle dan tetap bergerak lincah!

Setelah menempuh perjalanan yang lama, ikan-ikan itu akhirnya sampai di kampung halaman. Tapi kali ini, masyarakat di kampung halaman benar-benar puas, karena ikan hasil tangkapan mereka benar-benar terasa segar, persis seperti ikan yang baru saja diambil dari laut lepas.

Ya sahabat, tantanganlah yang bisa memberi hasil paling baik. Hasil terbaik akan bisa anda capai, hanya jika anda benar-benar menyambut tantangan. Tantanganlah yang sesungguhnya membuat anda tetap bergerak. Dan tetap bergerak adalah tanda bahwa anda benar-benar hidup. Hukum alam ciptaan Tuhan telah menentukan, bahwa mereka yang hidup dan bergeraklah yang pantas untuk hasil yang lebih baik. Mereka yang hidup dan bergeraklah yang akan mendapatkan hasil yang paling baik.

Sahabat, jika anda sedang dirundung masalah, terkendala atau terhambat oleh situasi dan keadaan, sedang kekurangan atau menghadapi berbagai persoalan, dihadapkan pada problem-problem pelik kehidupan, atau merasa tak kunjung jua berhasil mencapai apa yang sahabat inginkan; bisakah anda, maukah anda, menyikapinya dan menyambutnya sebagai tantangan?

Sumber: Tips for success.
Share this article :

14 comments :

  1. saya setuju sobat, kita harus berani menjadikan setiap kegagalan, masalah dan lain sebagainya menjadi tantangan hanya saja dalam prosesnya memang butuh kerja keras....
    info yg menarik sobat

    Sukses Slalu!

    ReplyDelete
  2. Makasyih infonya, ttg masy. Jepang ... btw, ribuan thn lalu jga, konon menurut sejarah, penduduk asli Jpg adlh Ainu dan yg qta lihat skarang adlh keturunan dr org2 yg dibuang dr dataran Cina... benar/tdknya aq sndiri gak bgitu jelas... wehehe... sekedar komentar... biar rame... Btw, makasyihh ud brkunjung dan ats pujiannya... sukses juga yaaa, sobat...

    ReplyDelete
  3. Wah semua yang terjadi dan menimpa memang harus kita hadapi dan dijadikan sebuah tantangan Dalam Hidup...
    Semangat selalu sobat!!

    ReplyDelete
  4. postingan menarik dan sangat memotivasi bung

    ReplyDelete
  5. Memang bangsa Jepang terkenal gemar akan ikan.

    ReplyDelete
  6. berkunjung malam ke tempat sahabat,... met istirahat semoga esok awal dr kesuksesan Anda :)

    ReplyDelete
  7. Wah abgsu nih sob...

    Salam kenal n sukses selalu...

    oh ya anda sudah saya follow...follow balik ya??hehe...sekalian tukarlink...link kamu udah aku pasang sob...silahkan dilihat diblog aku...

    ReplyDelete
  8. motivasi yg bagus, tak pernah menyerah.

    ReplyDelete
  9. moga aku bisa menjalankannya.
    makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  10. wow... inspiratif banget postingannya.
    ngomong2 ttg bergerak, gara2 sering online jadi males gerak nih, wkkkkk....

    thanks 4 sharing :D

    eh tar dulu, form komentarnya bermasalah uy... word verificationnya ketutup, n tombol submitnya ga nongol. untungnya sy bisa ngakalin dgn pencet2 tombol tab, jadi tetap bisa komen di sini :D
    mungkin ini bisa ngebantu:
    http://inimu.com/komputer/2009/09/21/perbaiki-tampilan-form-komentar-yang-bermasalah-di-blogger/

    .

    ReplyDelete
  11. thanks om atas motivasinya.. :)

    ReplyDelete
  12. Semakin tinggi pohon tumbuh semakin kencang angin berhembus...

    Kesuksesan tak luput dari berbagai macam masalah, dan dari berbagai macam masalah adalah bahan pembelajaran utuk dapat terus sukses...

    nice post kawan

    ReplyDelete
  13. Very nice post!! Penuh inspirasi. Terima kasih untuk tulisan yang bagus ini. Saya follow ya... Salam kenal.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca tulisan ini.

Saya akan sangat bergembira apabila anda berkenaan memberikan sedikit catatan komentar terhadap ide-ide yang anda dapatkan dari tilisan ini.

Apapun gagasan anda amat saya hargai dan akan saya kunjungi balik ke blog anda.

Terima kasih & Tetap SEMANGAT!!

VIDEO INSPIRASI

Template Information

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SEMANGAT - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya