Menghemat Kuota Bandwidth dengan Toonel - SEMANGAT
Headlines News :
Home » , » Menghemat Kuota Bandwidth dengan Toonel

Menghemat Kuota Bandwidth dengan Toonel

Written By Bungjamil Jamil on Wednesday, January 27, 2010 | 8:02 PM

INTERNET, masih sesuatu yang mahal di Indonesia. Tidak semua orang mempunyai akses tak terbatas. Untuk ini kita harus pergi ke warnet, kantor, atau bahkan mencari WiFi Hotspot gratisan. Bahkan untuk beberapa orang rela membayar mahal.

Mulai dari dial-up, ADSL, wireless, bahkan satelite base. Ada internet service provider (ISP) atau penyedia layanan internet yang memberlakukan tarif bulanan, tarif flat atau berdasar kuota bandwidth. Nah, artikel ini menjelaskan dan membantu Anda yang memiliki internet dengan kapasitas terbatas.

Ada beragam cara untuk menghemat bandwidth internet Anda. Cara yg mudah adalah dengan menonaktifkan images, picture, java, flash dsb. Tapi kalau membutuhkannya, tentunya harus diaktifkan bukan? Salah satu browser Opera menawarkan proxy gratis, yang mereka rilis lewat Opera for Mobile (Symbian, Palm, PPC, dan Java). Melalui proxy mereka (Opera) data internet akan dikompresi sebelum akhirnya sampai ke perangkat kita. Tentunya menghemat bandwidth yang ada.


Apa itu software Toonel.net?
Toonel adalah software yang digunakan untuk kompresi bandwidth. Cara kerja software ini mirip dengan proxy yang intinya kita mengakses internet melalui perantara komputer server. Yang membedakan dengan proxy yaitu data yang dikirimkan ke komputer kita telah di kompress, sehingga kecepatan akses pun menjadi kian cepat. Misalnya dengan internet normal kita membutuhkan 100Kb untuk membuka suatu site. Dengan Toonel.net cukup membutuhkan 50Kb data untuk membukanya.


Data dikompresi dengan cara mengurangi kualitas gambar pada website. Cara ini akan menghemat kuota bandwidth bagi yang internetnya menggunakan tarif kuota bandwidth. Kelebihan lainnya, tak seperti proxy transparent, software ini tidak terdeteksi sebagai virus jika hendak membuka Yahoomail ataupun Gmail. Bila tertarik mencoba Toonel.net, download saja di http://www.ziddu.com/download/3237565/Toonel.net0.0.50.50.zip.html
Setting yang bisa dilakukan untuk menggunakan software ini cukup sederhana. Untuk setting menggunakan Firefox 3, ikuti langkah berikut ini:

>Pertama. Karena toonel.net bersifat Java, maka pada komputer kita harus terinstall JRE (Java Runtime Environment) terlebih dulu agar bisa menjalankan software ini. Bila Anda belum memiliki JRE, silakan download pada http://www.softpedia.com/get/System/OS-Enhancements/Java-Runtime-Environment.shtml


>Kedua. Lakukan setting pada Firefox dengan cara :
1. Buka Mozilla Firefox
2. Klik Tools | Options
3. Klik Advanced, dan klik tab Network
4. Pada Connection klik Setting
5. Setelah Connection Setting terbuka, pilih Manual proxy configuration
6. Isi HTTP Proxy dengan 127.0.0.1 dan Port 8080, kemudian check Use this proxy server for all protocols
7. Klik OK untuk menyimpan setting
8. Klik OK lagi untuk menutup Option


>Ketiga. Lakukan setting di Toonel dengan cara:
1. Buka software Toonel
2. Klik tab Mapping, kemudian klik pilihan 127.0.0.1, lalu klik Apply
3. Klik tab Web, Atur GIF & JPEG % Quality sesuka Anda, lalu klik Apply
4. Klik tab Stats untuk melihat status pengompresan file web.
5. Jangan tutup software Toonel, karena software ini hanya bisa berjalan ketika softwarenya terbuka. Tetapi tak masalah jika diminimize, asalkan jangan ditutup.


Jika langkah pertama sampai ketiga telah dilakukan, berarti software toonel telah siap untuk digunakan. Tetapi ingat, Toonel hanya bekerja ketika softwarenya terbuka. Jika tertutup/tidak dijalankan, Toonel tidak akan bekerja. Jika Anda membuka halaman web di Firefox dan tidak jalan, berarti Toonel belum Anda jalankan. Oleh karena itu, buka Toonel terlebih dulu baru kemudian Firefox. Sekarang, quota bandwidth Anda jauh lebih hemat dan tarif internet pun jauh lebih murah.


Cara lain guna menghemat kuota bandwidth adalah dengan menggunakan Java Emulator. Dengan menggunakan Java Emulator+Opera Mini Anda dapat menghemat bandwidth pemakaian internet, dan sangat cocok bagi pengguna dial-up modem HP.


Java emulator adalah program yang digunakan untuk menjalankan aplikasi Java (.jar dan .jad) di komputer. Biasanya Opera Mini dijalankan di PC dengan tujuan menghemat kuota transfer data yang digunakan, karena Opera Mini memiliki server yang mengompresi besarnya file dari setiap halaman web yang dibukanya.


Di sini kita akan menggunakan SjBoy sebagai java emulator, karena SjBoy memiliki plug-in khusus yang dapat membesarkan ukuran dari layar java emulator. Selain itu SjBoy juga memiliki kelebihan untuk mengganti ukuran skinnya agar pengguna dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Maksud sesuai kebutuhan di sini, misalnya Anda seorang kicker di mig33 (aplikasi untuk chat berbasis handphone java), maka tidak mungkin menggunakan SjBoy dengan tampilan fullscreen, melainkan dengan ukuran yang cukup kecil agar desktop PC Anda dapat menampilkan seluruh mig33 yang Anda jalankan dengan nickname berbeda, (20 nickname misalnya).

Langsung saja, hal-hal yang dibutuhkan adalah:

1. Download Java Emulator, sjboy.exe (http://www.ziddu.com/download/3215278/sjboyenglish.zip.html)

2. Download Opera Mini dengan ekstensi .jar (http://www.opera.com/mini/download/)
Pilih PC download, lalu pilih merek HP, Tipe HP, lalu download opera-mini-advanced-us.jar.

3. Download plugin 1024 x 695 SjBoy (http://www.ziddu.com/download/3215317/pluginsjboy.zip.html)

Caranya?
1. Dobel klik pada opera-mini-latest-advanced-us.jar, bila tidak bisa
- Klik kanan opera-mini-latest-advanced-us.jar, kemudian Open With.., Browse… lalu cari directory kita menyimpan sjboy.exe, klik Open..

- Cara lainnya adalah dengan memasukkan File-file opera-mini-latest-advanced-us.jar, Folder plugin, sjboy.exe dalah satu folder, kemudian drop and drag opera-mini-latest-advanced-us.jar kedalam sjboy.exe.

2. Setelah halaman utama opera terbuka, klik Tools, Load phone Plugin, lalu cari Directory kita estrack file plugin.zip dan cari file 552×616.phone (untuk ukuran layar medium)

3. Selesai dan selamat berselancar

Ada satu cara yang lebih simple untuk menghemat kuota bandwidth yaitu dengan cara Web Compres. Pada dasarnya trik ini adalah untuk menekan biaya internet dengan cara menekan jumlah data yang diterima (compress) dengan cara mengabaikan atau mengompress css yang berlebihan suatu situs yang banyak menggunakan image, flash, meta data , iframes dan lain sebagainya yang pastinya memerlukan koneksi yang cepat dan waktu yang lebih lama untuk loading sehingga otomatis bandwidth yang digunakan untuk itu menjadi besar.

Ini bisa diatasi dengan cara membuka situs melalui website penyedia layanan untuk menekan data sampai 50 persen sehingga data yang masuk hampir sama kecilnya apabila browsing atau berselancar menggunakan browser pada ponsel atau menggunakan aplikasi Opera Mini atau mengubah tampilan website menjadi situs versi mobile. Kelebihannya kita browsing menggunakan komputer yang otomatis dari berbagai segi lebih menguntungkan atau lebih nyaman.

Langkah-langkah Internet hemat dan cepat:
1. Buka atau klik link salah satu link websites di bawah ini.
2. Masukan url yang Anda ingin buka dan klik go.

Atau, manfaatkan salah satu link ini:
1. http://www.skweezer.com/
2. http://mowser.com/
3. http://www.google.com/gwt/n
4. http://finch.ploogy.net/
5. http://m.friendster.com/
Share this article :

2 comments :

  1. Ribet ya mas.... takcoba juga tapi....

    ReplyDelete
  2. buat koleksi kamus teknologi neh... mantap

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca tulisan ini.

Saya akan sangat bergembira apabila anda berkenaan memberikan sedikit catatan komentar terhadap ide-ide yang anda dapatkan dari tilisan ini.

Apapun gagasan anda amat saya hargai dan akan saya kunjungi balik ke blog anda.

Terima kasih & Tetap SEMANGAT!!

VIDEO INSPIRASI

Template Information

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SEMANGAT - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya