Berhemat dalam Internet - SEMANGAT
Headlines News :
Home » , » Berhemat dalam Internet

Berhemat dalam Internet

Written By Bungjamil Jamil on Wednesday, January 20, 2010 | 1:33 PM

Hai, apa kabar semua ? Semoga tetap semangat dalam beraktivitas dan berkreativitas hingga bisa menggapai impian-impian anda. So, jaga terus semangat kalau perlu perbaharui kembali semangat anda. Ok?

Sahabatku semua... masih dalam tips internet, kali ini saya kembali akan berbagi informasi terkait cara berhemat dalam Berinternet. Sudah pasti kondisi ekonomi kita berbeda-beda. Ada yang kaya, ada yang sederhana, dan ada yang miskin. Namun satu hal yang pasti, bahwa kita ingin menggunakan seluruh potensi keuangan pada kegiatan yang produktif untuk mendapatkan keuntungan. Karena itu sangat penting dalam mengelola keuangan kita agar benar-benar produktif. Ada perbedaan yang besar dalam pengelolaan keuangan ini antara orang kaya dan orang miskin. Karena itu kita bisa melihat bagaimana yang kaya akan semakin kaya sementara yang miskin akan semakin miskin. Nah untuk mengetahui teknik pengelolaan uang cara Orang kaya anda bisa membaca kembali postingan saya tentang: Mengapa Yang kaya Semakin kaya atau anda juga bisa klik di sini.

Salah satu cara konvensional dalam pengelolaan keuangan adalah dengan cara berhemat. Jadi Berhemat dalam Berinternet sangat penting. Mengurangi cost pengeluaran untuk digunakan kembali kepada pos-pos produktif seperti investasi atau kegiatan produksi lain (baca kembali; Mengapa yang Kaya semakin Kaya kemudian Baca juga postingan tentang; Think Out of The Box. Dua postingan ini akan membantu bagaimana mengelola keuangan anda agar produktif dan memberikan keuntungan maksimal). Kembali ke topik bahasan Berhemat dalam Berinternet. Umumnya pengguna internet di Indonesia terbagi menjadi 2 jenis, yaitu pengguna internet berdasarkan time base dan pengguna berdasarkan volume base.

Berikut beberapa tips berhemat dalam berinternet:
A. Bagi Pengguna Time Base
Tarif berdasarkan time base yaitu berdasarkan waktu. Jika anda menggunakan internet dalam hitungan waktu yang lama, akan dikenai biaya yang lebih mahal.

Tips menghemat biaya:

1. Time base sangat sesuai untuk aktivitas transfer data yang tingi. Misalnya, proses download atau upload dengan ukuran sangat besar.

2. Segera putuskan jaringan pada saat tidak ada transfer data (misalnya saat anda membaca informasi, menulis email, atau aktivitas lainnya yang dapat dikerjakan secara offline).

3. Jangan menggunakan time base jika kondisi jaringan lagi lambat. Karena jika transfer datanya lambat, anda akan membutuhkan lebih banyak waktu, yang artinya membayar lebih mahal.

4. Jangan lupa memutuskan koneksi ke server saat tidak diperlukan.

B. Bagi Pengguna Volume Base
Koneksi internet menggunakan sistem volume base, tarif dihitung berdasarkan arus transfer data dari server. Transfer data ini berupa download atau upload. Semakin banyak arus datanya, semakin banyak biaya yang harus dikeluarkan. Karena berdasarkan volume. Anda tidak perlu konsentrasi dengan kondisi jaringan. Biaya akan sama kalau arusnya sama, yang beda adalah kecepatan internetnya.

Tips Berhemat:

1.Untuk tipe browsing yang mencari informasi, nonaktifkan gambar karena lalulintas data teks akan jauh lebih kecil dari pada gambar. Browser biasanya bisa diatur utnuk tidak mendownload gambar.

2. Volume base sangat cocok untuk aktivitas yang tidak membutuhkan transfer data yang tinggi, tetapi perlu waktu yang lama. Misalnya chatting, kirim email dan mencari informasi. Anda bisa berjam-jam hanya dengan lalulintas data yang kecil, yang berarti butuh biaya ringan.

3. Mematikan fasilitas yang tidak terlalu dibutuhkan pada browser seperti gambar, pop up, dan flash. Ini juga berguba ubtuk mempercepat waktu loading sebuah situs.

4. Mematikan update otomatis anti virus. Sebaiknya update diatur pada waktu tertentu saja atau dilakukan secara manual.

5. Jika anda memakai splitter untuk menghubungkan lebih dari satu jenis peralatan ke dalam outlet/jack telephone, pasang modem langsung ke dalam outlet/jack telephone tersebut untuk mendapatkan kualitas koneksi yang lebih tinggi.

6. Coba beberapa nomor dial up. Hubungi ISP anda untuk mendapatkan daftar nomor lokal dial up yang terbaru. Cobalah beberapa nomor dalam beberapa kali sehari. Anda akan mendapatkan kecepatan koneksi yang lebih bagus dari yang lainnya, trgantung dari berapa orang yang menggunakan nomor tersebut pada saat bersamaan dan berapa switch yang harus anda lewati untuk mencapai nomor tersebut.

Share this article :

2 comments :

  1. waaaah tips hemat yang sangat jitu
    aku pake unlimited harian yang murah meriah aja yang dibatasi pulsa, jadi kalo pulsa habis, yaaaa tinggal tidur aja

    ReplyDelete
  2. tipsnya boleh juga tuh.

    godd posting bung...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca tulisan ini.

Saya akan sangat bergembira apabila anda berkenaan memberikan sedikit catatan komentar terhadap ide-ide yang anda dapatkan dari tilisan ini.

Apapun gagasan anda amat saya hargai dan akan saya kunjungi balik ke blog anda.

Terima kasih & Tetap SEMANGAT!!

VIDEO INSPIRASI

Template Information

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SEMANGAT - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya