Strategi Menetralisir Stress - SEMANGAT
Headlines News :
Home » , » Strategi Menetralisir Stress

Strategi Menetralisir Stress

Written By Bungjamil Jamil on Wednesday, May 12, 2010 | 1:52 PM

Setiap manusia pada umumnya pernah merasakan stress dan depresi. Beban dari pekerjaan, keluarga, kehilangan orang tercinta dengan tiba-tiba, berakhirnya pernikahan atau hubungan atau masalah kesehatan dan diet bisa menjadi faktor munculnya stress dan depresi. Sehingga diperlukan kemampuan (skill) tambahan dalam mengelola beban dan masalah agar menjadi solusi dan tidak menekan perasaan menjadi stress atau depresi.

Berikut ini adalah langkah terampil ala Stephen Covey dalam memperlakukan masalah agar tidak menjadi beban yang memicu stres. Tips MENGELOLA MASALAH ini saya dapatkan saat mengikuti pelatihan MANAJEMEN STRESS beberapa waktu yang lalu.


Pada saat memberikan kuliah tentang menajemen Stress, Stephen Covey mengangkat segelas air dan bertanya kepada siswanya :

"seberapa berar menurut anda segelas air ini?"

Para siswa menjawab mulai dari 200 gr sampai 500 gr.

" Ini bukanlah masalah berat absolutnya, tapi tergentung berapa lama anda memegangnya." kata Covey.

"Jika saya memegangnya selama 1 menit, tidak ada masalah. Jika saya memegangnya selama 1 jam, lengan kanan saya akan sakit. Dan jika saya memegangnya selama 1 hari penuh, mungkin anda harus memanggilkan ambulans untuk saya. Beratnya sebenarnya sama, tapi semakin lama saya memegangnya, maka bebannya akan semakin berat."

"Jika kita membawa beban kita terus menerus, lambat laun kita tidak akan mampu membawanya lagi. beban itu akan meningkat beratnya." lanjut Covey.

"Apa yang harus kita lakukan adalah meletakkan gelas tersebut, istirahat sejenak sebelum mengangkatnya lagi".

Kita harus meninggalkan beban kita secara periodik, agar kita dapat lebih segar dan mampu membawanya lagi. Jadi sebelum pulang ke rumah dari pekerjaan sore ini, tinggalkan beban pekerjaan. Jangan bawa pulang. Beban itu dapat diambil lagi besok.

Apapun beban yang ada di pundak kita hari ini, cobalah tinggalkan sejenak jika bisa. Setelah beristirahat nanti dapat diambil lagi.

Jadi "bukan berat beban yang membuat kita stress, tetapi lamanya kita memikul beban tersebut" (Steven Covey)

Apapun masalah yang anda hadapi berapapun beratnya beban yang anda pikul, anda hanya perlu untuk meletakaannya sejenak sebelum anda memikulnya kembali. Ambil jeda sejenak untuk menajamkan kembali kapak kretivitas anda, lakukan relaksasi pikiran, beribadahlah dengan khusuk pada Allah sebagaimana Rasulullah berkata kepada Bilal: "wahai Bilal, Istirahtkan kami dengan azan".

Semoga bisa bermanfaat buat anda semua.
Salam sukses dan tetap semangat.
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

VIDEO INSPIRASI

Template Information

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SEMANGAT - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya