Membangun Bisnis Kecil Yang menguntungkan - SEMANGAT
Headlines News :
Home » , » Membangun Bisnis Kecil Yang menguntungkan

Membangun Bisnis Kecil Yang menguntungkan

Written By Bungjamil Jamil on Saturday, April 17, 2010 | 11:10 AM

Di jaman krisis global solusi yang paling efektif adalah membangun bisnis dan bisnis yang bagaimana yang bisa anda bangun sehingga anda bisa mencapai sukses dalam waktu singkat dengan tingkat efisiensi dan efektifitas yang tinggi.

Menjadi pengusaha berarti anda bisa memiliki kebebasan waktu dan lebih berdikari. Pengusaha tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam dalam ruangan rapat dan keluar di sore hari, lelah dan belum mencapai kesepakatan. semua itu merupakan masa lalu ketika bekerja dari jam 9 - 5 sore.

Kelebihan dari berbisnis adalah anda bisa mendapatkan manfaat dari pengembalian pajak (tax Return) dan keuntungan lain yang terkadang tidak diperhatikan orang.

karena anda tidak lagi mendapatkan pendapatan tetap atau fix income dari gaji maka anda bisa menyesuaikannya dari produk dan jasa yang anda tawarkan di pasaran.

I. Memilih Bisnis yang sesuai

A.Mengapa bisnis kecil?

Biasa didefinisikan sebagai independen Bisnis Owner (IBO) yang berarti memiliki suatu bisnis dengan modal kecil, pendapatan sedang dan cenderung meningkat dan memiliki hanya beberapa pegawai.

B.menentukan Kriteria yang cocok.

Identifikasi resiko dan beban lainnya dalam menentukan kriteria yang cocok bagi produk dan jasa anda :

  • Pilih produk dan servis yang cocok dengan kebutuhan manusia dan bisa di jual secara berkala.
  • Harus memilih dan menentukan segmen pasar yang tepat dan tidak terlalu besar pada awal memulai.
  • Bisnis awal harus murah/tidak mahal, hemat energi, iklan tidak terlalu mahal dan overhead rendah.
  • Bisnis awal harus memiliki sedikit pegawai tetapi penjualan yang cukup signifikan untuk menunjang roda perusahaan terus berputar
  • Anda harus memiliki produk yang berbeda dan tidak gampang di tiru
  • Fokus pada pendapatan secara cash, usahakan tidak memberi kredit atau hutang kepada pihak mana pun.
  • Pilih bisnis yang bisa dipindahkan apabila diperlukan.
  • Pilih Bisnis yang anda sukai dan sudah mengerti sebelumnya.
C. Perhitungan Resiko

Walaupun bisnis kecil memiliki resiko tinggi tetapi bila dikelola dengan kriteria diatas maka akan memberikan masukkan yang besar dan akan terus berkembang.

D. Kemana perkembangan selanjutnya akan menuju?

Bila anda sudah mulai mendapatkan penghasilan yang banyak jangan hanya berhenti di sana karena bisnis selalu berubah jadi anda harus belajar dan menganalisa kemana trend dan perkembangan bisnis akan menuju dimasa mendatand. Selalu persiapkan diri dan bisnis anda dalam menghadapi tantangan.

II. Memilih Manajer dan karyawan inti

Berikut ini tip-tips dalam memilih orang yang bisa membawa perusahaan kearah yang lebih baik dan besar:
  • dalam membaca resume yang ada, pilih orang yang sudah berpengalaman di bisnis kecil dan menengah dan periksa juga latar belakang pendidikan mereka
  • latar belakang pendidikan walaupun tidak menjamin tetapi tetap menjadi prioritas dalam pemilihan karyawan. Utamakan pelamar yang memiliki pendidikan sesuai dengan lowongan yang anda buka dan memiliki pengalaman kerja di perusahaan yang hampir sama dengan anda.
  • proses wawancara sangat penting. Anda akan bisa melihat first impresion (kesan pertama) dari orang tersebut, karena di dunia bisnis first impression sangatlah penting terutama bila karyawan tersebut anda tempatkan di posisi yang berhubungan dengan orang banyak dan perusahaan-perusahaan lain.
  • apabila dalam wawancara anda mendapatkan kejanggaan seperti penampilan serampangan, ketika di tanya tidak bisa menjawab dengan jelas dan terkesan menutupi sesuatu, anda tidak perlu berpikir dua kali untuk membuang aplikasinya ke tempat sampah.

III. Buka Komunikasi dengan Karyawan anda

Selalu sempatkan diri untuk menemui karyawan anda di luar ruangan meeting dan lihat apa yang mereka lakukan dan beritahukan bahwa apa yang mereka kerjakan sangatlah penting bagi perusahaan. karyawan harus di puji bila melakukan sesuatu dengan benar sekaligus meningkatkan semangat dan moral kerja mereka.

Disarankan juga menciptakan suatu jalan bagi karyawan-karyawan level bawah untuk bisa berkomunikasi dengan anda untuk menyampaikan ide-ide dan saran yang mungkin bisa digunakan oleh perusahaan baik melalui anda, manager anda atau melalui kotak saran yang bisa dimasukkan oleh level mana pun juga. Pengumuman di tempatkan di bulletin board agar seluruh karyawan bisa membaca dan mengingat pesan yang ingin anda sampaikan.

IV. Komunikasi dengan Baik

Dalam berkomunikasi menggunakan surat ada 5 syarat yang harus anda ketahui:

  1. Menulis seperti ketika anda bicara
  2. Tidak perlu menuliskan surat bisnis yang bertele-tele, tuliskan berapa paragraf pendahuluan dan langsung masuk pada permasalahan.
  3. Edit dan teliti surat anda sebelum anda mengirmkannya. buang kalimat yang tidak penting dan pertajam tujuan anda sehingga penyampaian anda tidak bertele-tela dan langsung diketahui oleh penerima.
  4. Anda harus mengetahui kepada siapa anda berkoresponden, jangan menggunakan terlalu banyak kata-kata teknikal yang tidak dimengerti oleh orang lain.
  5. Di akhir surat, terangkan dalam kalimat singkat apa yang anda inginkan dan apa yang bisa didapat oleh si penerima surat.
V. promosikan Kekuatan perusahaan anda (company strength)
Untuk masuk lebih jauh dalam kegiatan penjualan perusahaan anda harus fokus pada 3 area sebagai berikut :

  1. Apa posisi pasar anda saat ini dan posisi pasar apa yang anda inginkan dimasa mendatang? untuk menentukan dan mendapatkan segmen pasar anda harus merencanakan pekerjaan, konsentrasi pada pengiriman produk yang tepat waktu dan produk yang berkualitas
  2. Produk apa yang memberikan keuntungan terbesar dan memiliki potensi besar untuk dikembangkan atau dibuatkan produk sempalannya. mengikuti hukum paretto 80-20 rule, anda akan mendapatkan bahwa 20% dari produk anda menghasilkan 80% dari keseluruhan pendapatan perusahaan.
  3. Apa yang dilakukan oleh kompetitor anda. Anda harus tetap memonitor kompetitor anda dan selalu satu-dua langkah didepan kompetitor anda.
  4. Bagaimana bisa menghasilkan penjualan lebih banyak? Tidak ada kata lain, BERIKLAN. Promosi dan iklan merupakan cara paling efektif. pastikan bahwa iklan anda di media cetak maupun media lainnya mecapai sasaran yang tepat dan mengkonvert orang untuk membeli dalam persentase yang berimbang dengan uang iklan yang anda keluarkan.
  5. Pelajari reaksi pasar setelah menerima produk dan servis anda, apa reaksi mereka?

Anda harus mengetahui reaksi pasar setiap launching produk maupun servis anda.

Akhir Kata (PENUTUP)


Semoga poin-poin yang disampaikan dalam ringkasan ini bisa bermanfaat dalam mengarungi bisnis kecil anda untuk menjadi bisnis yang lebih besar di masa mendatang. Kesempatan dan peluang terbuka lebar bagi pengusaha, jadi anda harus cekatan dan penuhi impian anda.

Jangan lupa untuk tertawa, karena akan tertawa menuju kesuksesan anda.

(Disarikan dari buku : Successs in Small Business ia a Laughing matter - J.Phillip L. Johnson)
Semoga Bermanfaat, Salam sukses dan tetap semangat
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

VIDEO INSPIRASI

Template Information

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SEMANGAT - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya