Tips Mempercepat Kerja Komputer - SEMANGAT
Headlines News :
Home » , , » Tips Mempercepat Kerja Komputer

Tips Mempercepat Kerja Komputer

Written By Bungjamil Jamil on Friday, January 22, 2010 | 6:16 PM

Komputer lemot?
Duh, membuat pekerjaan tidak cepat terselesaikan. Belum lagi jaringan broadband yang kecfepatan dial up nya seolah merangkak. Tak perlu waktu lama. Segera perbaiki komputer agar kembali ke jalur cepat lagi.

Hampir semua produk teknologi saat ini memiliki fitur-fitur lengkap yang mampu tersambung dengan personal computer (PC).

Entah dengan printer, koneksi jaringan internet, kamera, hingga ponsesl cerdas anda. Gaya hidup yang tak lepas dari teknologi itu akan terasa mudah jika komputer yang dipakai tidak lambat kinerjanya.

Jika PC anda tidak bisa diajak kompromi, ada baiknya mencoba beberapa langkah berikut:

Lengkapi Dengan Hardware Berkualitas Bagus
Cara paling efektif untuk mempercepat performa komputer anda adalah dengan meng-update komponennya-komponen di dalamnya. Dua komponen paling vital adalah RAM dan kartu grafik. Sebelum meng-upgrade komponen tersebut, perhatikan aliran listrik statis. Pindahkan PC ke tempat yang bersih, tidak berkarpet, dan memakai ikat arloji untuk menghindari aliran listrik statis dari tubuh anda.

Upgrade RAM
Menambah RAM adalah cara paling efektif dari sisi biaya untuk mempercepat komputer anda. RAM tersedia dalam berbagai jenis, seperti DDR2 dan DDR3. Cek manual PC anda untuk mengetahui tipe modul RAM dan bagaimana cara menginstalnya.

Agar RAM berkapasitas lebih dari 4 GB, PC anda butuh sistem operasi yang dijalankan dengan aplikasi 64-bit. Windows 7 sendiri berjalan sempurna jika memakai versi 64-bit.

Mengganti Papan Kartu Grafik
Meski anda bukan penyuka games, meng-upgrade papan kartu grafik dapat mempercepat kinerja PC. Apalagi windows 7 dan Windows vista mempunyai tampilan menarik. Ketika berbelanja papan kartu grafik, pilih yang cocok dengan slot pada PC. Hampir semua sistem baru memakai slot PCI-Express.

Beberapa sistem lama mungkin hanya memiliki slot PCI atau AGP. Untungnya, jenis kartu Grafik lama ini masih ada di pasaran.

Program Windows Lancar
Nonaktifkan fitur-fitur tidak penting dan program startup yang tidak diperlukan pada program Windows XP, Vista, atau 7 di PC anda. Cara mudah, cepat, dan efisien ini mampu menambah kefcepatan komputer.

Membuang Efek Program Windows
Pada windows XP, buka kontrol panel dan klik settings, kemudian pilih tombol radio penanda Adjust untuk hasil terbaik. Langkah ini akan menonaktifkan efek-efek tidak penting. Seperti bayangan jatuh di bawah menu anda, dan semakin membuat kinerja windows mantap.

Untuk Vista dan windows 7, nonaktifkan Aero environment untuk memperoleh kembali beberapa memori PC yang hilang dan menambah kekuatan prosesor.

Caranya, klik kanan dekstop, pilih personalize dari konteks menu.
Pada Vista, klik windows color and apperarance, lalu hilangkan tanda efek pada kotak Enable Transparency.
Pada Windows 7, pilih theme berlabel Windows 7 Basic.

Pertahankan Penampilan Terbaik.
Jika anda ingin mempertahankan sistem tetap berjalan cepat, bersihkan folder C:\Windows\Temp secara berkala. Lakukan ini secepat anda masuk ke sistem operasi, melalui Safe Mode, untuk memastikan bahwa anda menghapus setiap file tidak terpakai dari drive komputer.

Untuk itu jangan menggunakan fungsi uninstall windows 7 untuk memindahkan sebuah aplikasi dari drive komputer. Sebaliknya, pakai utilitas Revo Uninstaller gratis. Aplikasi ini memindah program yang memakai default uninstall secara rutin. Namun juga selangkah lebih jauh dengan memindai sistem komputer anda dan Registry untuk membersihkan semua jejak program pada hard drive anda.

Semoga bermanfaat...
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

VIDEO INSPIRASI

Template Information

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SEMANGAT - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya